KBN Gelar Pelatihan Public Speaking untuk Staf

 

PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero) pada tanggal 4-5 Desember 2018 mengadakan pelatihan bagi staf Front Liner dengan tema “Pelatihan Public Speaking” yang bertempat di ruang rapat 1.1. 

Pada hari pertama, Pemateri yang hadir ialah Hermien Y. Kleden sebagai Mentor media dan Editor senior dan Amelia Santoso selaku Image Consultan. Pada hari kedua, pemateri yang hadir ialah Nano Oerip selaku Praktisi kebugaran dan Debra H. Yatim selaku Editor Senior Tempo English. Kegiatan ini diikuti oleh 25 karyawan yang terdiri dari beberapa divisi.

Pada hari pertama, Ibu Hermien Y kleden atau akrab dipanggil ibu Hermien ini memberikan materi mengenai  “merumuskan Ide,  angle,  dan relevansi”. Beliau mengatakan bahwa “Public Speaking itu harus mempunyai 2W+1H yaitu what,who dan how. What bisa mencakup where dan when. Semua itu tergantung bagaimana approach untuk berbicara kepada audience, misalkan berbicara kepada dirut akan beda jika berbicara dengan TNI.”

Pembicara kedua di hari pertama ini ialah Ibu Amelia Santoso. Beliau memberikan materi mengenai “Teknik Komunikasi Verbal dan non Verbal : Pilihan Kata, Intonasi, Artikulasi, Tampilan dan Gestur Tubuh”. Berbeda dengan Ibu Hermien, Ibu Amelia memberikan praktik atas apa yang sudah disampaikan.

Ibu Hermien membawakan kembali materi di hari kedua, mengenai “Teknik Persuasi dan Negosiasi : Kalimat Persuasif”. “Menarik lawan bicara itu harus to the point, tidak basa-basi dan harus jelas” ujarnya. Pembicara ketiga yaitu Pak Nano Oerip memberi materi mengenai membangun kepercayaan diri dan mengelola kecemasan, sebagai materi terakhir Ibu Debra H. Yatim memberikan materi mengenai Teknik Mengunci dengan Persentasi.

Sebagai Penutup, karyawan KBN diberi ruang untuk mengenal satu sama lain dengan kerja kelompok membahas permasalahan yang ada di KBN dan mereview kembali apa saja yang sudah disampaikan oleh 3 pemateri tersebut. (*)

Berita Lainnya