Calon Pensiunan KBN Diberi Pelatihan

PT.KBN telah melaksanakan pogram Diklat bagi karyawan yang akan memasuki MPP (Masa Persiapan Pensiun) pada tanggal 14-16 November 2018 di PT.KBN Cilincing dan Hotel Banana Inn Bandung. Peserta yang ikut ada 29 orang yang terdiri dari berbagai divisi. Tujuan utama dilaksanakannya kegiatan ini ialah mempersiapkan masa pensiun dengan baik.

Acara ini dibuka oleh Bapak Daly Mulyana selaku Direktur Keuangan dan beliau juga menyampaikan “Sebenarnya uang dari pensiun ini cukup hingga hari tua,tetapi harus sangat hemat. Dengan begitu kewirusahaan ini sangatlah penting”. Pada hari pertama ada 3 materi yang diberikan. Pertama,menghadapi pumabhakti dengan bening hati yang disampaikan oleh Lili Chumaedi. Kedua,keluarga harmonis yang disampaikan oleh Lili Chumaedi dan materi terakhir ialah bangun hidup setelah pensiun dengan Dr.Dodi.

Lili chumaedi memberikan tips di materi pertama yaitu bagaimana karyawan yang pensiun sudah mempunyai planning setiap harinya dan jangan sampai terkena Power Syndrom. Pada materi kedua berisikan bagaimana didalam keluarga harus adanya keterbukaan satu sama lain. Dengan adanya sikap keterbukaan ini menimbulkan sikap pengertian dan simpati. Dalam hal lain,jika ada masalah dan diutarakan bisa dicarikan jalan keluar. Terakhir,jika sudah pensiun harus menjaga kesehatan dan jangan sampai stres,pola makan yang sehat dan harus ada aktifitas.

Pada hari kedua,para karyawan berkunjung ke tempat Wirausaha Agribisnis Begonia di kawasan Lembang,Bandung. Karyawan diberikan pengetahuan bagaimana menjalani bisnis ini,dari modal hingga pendapatan. Selanjutnya,karyawan diberi pengarahan bagaimana membangun Jiwa Enterpreneurship yang di sajikan oleh Yoyok.

Pada hari terakhir di bandung,karyawan diajak untuk sharing kepada  Aa Gym mengenai bagaimana harus ikhlas,siap menghadapi masa pensiun,bersikap harmonis kepada keluarga dan bertaubat. Sebelum pulang karyawan diajak ketempat wirausaha Loundri dan Lele mutiara.

Bukan dalam hal ekonomi saja,dalam pensiun sangatlah berpengaruh dari sisi psikologi dan pola hidup. Menurut Ibu Nia selaku panitia acara MPP mengatakan “kegiatan ini bagus dan berguna untuk mempersiapkan masa pensiun,yang tadinya waktu untuk keluarga kurang sekarang banyak. Tetapi juga banyak yang harus dirubah dari hal gaya hidup dan pergaulan.” (*)

Berita Lainnya