Workshop Logistik, Upaya KBN Bangun Kompetensi SDM

Sebanyak 28 pegawai PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) mengikuti workshop logistik bisnis 4.0 yang diadakan di aula kantor pusat KBN, Kamis (15/11). Kegiatan ini tak lepas dari upaya KBN untuk membangun kompetensi SDM, khususnya di bidang logistik agar mumpuni dan mampu menjawab kebutuhan pasar sekarang.

Para peserta workshop berasal dari lintas departemen dan pengalaman, ada marketing, PLB, logistik, akunting, dan IT, sehingga dapat memberi wawasan baru mengenai seberapa pentingnya logistik di era industri 4.0.

Direktur Pengembangan KBN, Rahayu Ahmad Junaedi yang membuka workshop ini menyebut bahwa KBN punya lahan dan pergudangan yang begitu luas akan lebih maksimal untuk pendapatan perusahaan bila tidak hanya disewakan seperti sebelumnya, tapi bagaimana di atas lahan tersebut dikelola untuk bisnis logistik yang bisa memberi manfaat lebih bagi perusahaan.

"Sudah bukan zamannya lagi menyewakan lahan untuk sewa jangka panjang 20 tahun, karena hanya akan memberi kesenangan selama setahun di depan, selebihnya sebenarnya justru menyengsarakan," kata Dirbang.

Menurutnya, untuk meningkatkan pendapatan dari sektor logistik, tidak ada pilihan lain selain secara terus-menerus untuk meningkatkan kualitas SDM. Di tengah persaingan bisnis logistik yang semakin ketat, tidak ada pilihan lain selain untuk meningkatkan daya saing SDM.

Materi workshop disajikan Steve D Rawung dan tim yang meliputi bisnis logistik dalam menghadapi era digital ditambah pengetahuan tentang akuntansi untuk logistik masa depan.

Pelatihan ini diikuti pegawai dari unit kerja Divisi Logistik, Pemasaran, Pusat Logistik Berikat, dan IT. Direktur Pengembangan KBN, Rahayu A. Junaedi saat membuka workshop mengharapkan, workshop ini merupakan bentuk keseriusan KBN akan pentingnya kualitas SDM, khususnya di bidang logistik.

Lewat workshop tersebut, perusahaan ingin melihat sejauh mana kemauan keras para peserta dalam ikut mendukung bisnis logistik. Tenaga-tenaga muda yang banyak dilibatkan dalam workshop ini ke depan diharapkan mampu menguasai ilmu logistik dan menjadi penerus pemimpin logistik.

Pada workshop kali ini, para peserta dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing grup diharuskan membuat rencana desain gudang dan rencana bisnisnya. Di dalamnya terdiri atas bagaimana menentukan pilihan gudang secara efektif, memilik karakter konsumen, memilih MHE (material handling equipment) yang pas, dan menghitung estimasi biaya dan pendapatan dengan asumsi-asumsi tertentu.

Terakhir adalah membuat produk yang mencakup semua servis logistik mulai dari trucking, handling in, space handling out, dan trucking dengan harga yang kompetitif. Kesemua materi ini harus dikuasai karena dari materi ini bisa membantu dalam penyusunan RKAP ke depan.

Di forum diskusi workshop ini, para pegawai milenial melontarkan ide-ide kreatifnya. Salah satunya usulan untuk membuat KBS yaitu KBN Business Solution. Di sini mereka dapat melihat kenapa logistik punya potensi besar bila KBN menjadi pengelola warehouse daripada hanya menyewakan lahan, gudang dan alat saja. KBS dinilai dapat memberikan nilai tambah ke calon konsumen dan Investor sehingga KBN semakin siap untuk menghadapi era industri 4.0.

KBS adalah suatu service yg diberikan tim Logistik KBN yang mencakup aspek transportasi - handling - penyewaan space gudang/depo serta trucking distribusi dengan harga yang kompetitif dengan tujuan mengoptimalkan aset yang ada dengan kualitas servis lebih baik.

Sementara itu untuk produk properti yang sudah menjadi core business KBN juga tidak akan dilepas. Seperti salah satu produk yang dipresentasikan KBN "RedCarpet" di mana KBN tim akan siap menyediakan servis buat investor baru dari awal perizinan sampai dengan pembangunan atau penyediaan lahan di dalam kawasan yang dikelola KBN melalui pelayanan satu pintu (one stop service), sehingga Investor tinggal datang ke KBN semua akan diselesaikan A-Z nya oleh Tim KBN Properti.

Berbagai ide besar ini rencananya akan ditindaklanjuti dengan  training berikutnya, khususnya ditujukan bagi para pemimpin usaha dan aktivitas bisnis logistik di KBN. Tentu saja implementasi dari gagasan-gagasan brilian dan inovatif di forum workshop ini ditunggu segenap jajaran PT KBN Persero. (Sumber: InfoKBN)

Berita Lainnya