Kostum Perjuangan di Upacara Peringatan Hari Pahlawan

 

PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero) menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan dengan cara unik. Para petugas upacara menggunakan pakaian dan atribut zaman perjuangan kemerdekaan. Direktur Keuangan PT. KBN (Persero) Daly Mulyana yang bertindak sebagai Inspektur Upacara memakai kostum Bung Tomo. Demikian juga Direktur Pengembangan KBN, Rahayu Ahmad Junaidi.

Anak-anak milenial KBN yang bertindak sebagai petugas upacara memakai kostum pejuang kemerdekaan yang beraneka ragam. Ada yang memakai kostum tantara, ada pula yang memakai kostum perawat di era perang kemerdekaan. Bahkan, di barisan peserta upacara, ada yang memakai kostum pejuang rakyat lengkap dengan bambu runcing.

Daly Mulyana menjelaskan, upacara peringatan Hari Pahlawan dengan kostum zaman perjuangan kemerdekaan ini sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang yang telah mengorbankan jiwa raga untuk mempertahankan kemerdekaan. Dia berharap semangat pahlawan dijadikan teladan oleh generasi sekarang dalam mengisi kemerdekaan.

Seperti diketahui, setiap tahun pada tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

”Di bulan November ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya,” kata Daly saat membacakan pidato Menteri Sosial Republik Indonesia pada peringatan Hari Pahlawan tahun 2018 di halaman kantor pusat PT. KBN, Cakung, Jakarta pada Senin, 12 November 2018.

Berita Lainnya