Apel Siaga Hadapi Banjir

Musim hujan segera tiba. Ancaman banjir pun mulai mengintai. Sebagai antisipasi datangnya banjir, Pemerintah Kota Jakarta Utara menggelar apel siaga di PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero) atau KBN, Cakung, Jakarta, Minggu, 11 November 2018.

Kegiatan tersebut dihadiri Walikota Jakarta Utara Syamsudin Lologau, Camat Cilincing Purnomo AP, Lurah Sukapura, Tri Budianto, ratusan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), serta para petugas dari instansi sumber daya air, perhubungan, puskesmas, dan petugas keamanan KBN.

Dalam kesempatan itu, Walikota Jakarta Utara Syamsudin Lologau memberi arahan kepada para petugas untuk melakukan langkah-langkah antisipasi serta responsif terhadap bencana banjir. Dengan begitu, dampak bencana banjir bisa diminimalisir.

"Semua pihak harus siap siaga menghadapi musim hujan yang segera datang. Bersihkan sungai dan saluran air," katanya.

Kegiatan apel siaga dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih kali KBN. Sungai atau kali yang berada di belakang KBN Cakung tersebut tampak menyempit karena ditumbuhi eceng gondok. Sampah juga banyak mengambang di sungai.

Sohib, salah seorang warga yang rumahnya persis di pinggir kali KBN berterima kasih dengan adanya aksi bersih-bersih kali. Rumahnya memang kerap kali kebanjiran. Hujan dua jam saja sudah menimbulkan banjir setinggi semeter di dalam rumah.

"Dengan aksi bersih-bersih ini saya harap dapat mengurangi banjir. Apalagi petugas sampai menurunkan alat berat untuk mengeruk kali KBN," katanya. (*)

Berita Lainnya