PN Jakarta Utara Perintahkan KCN Hentikan Kegiatan Pembangunan Di Pelabuhan Marunda

Suasana sidang putusan kasus KBN vs KCN di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Suasana sidang putusan kasus KBN vs KCN di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

 

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara dalam amar putusannya menjelaskan  PT. Karya Citra Nusantara (KCN) harus menghentikan seluruh kegiatan pembangunan di pelabuhan milik PT. Kawasan Berikat Nusantara (KBN). Hal ini tertuang dalam amar putusan yang telah dibacakan oleh Majelis Hakim (8/8/2018), dimana PN Jakarta Utara memerintahkan Tergugat I dan Tergugat II tidak melakukan pembangunan, kegiatan maupun aktivitas apapun atas wilayah usaha Pier 1, Pier 2 dan Pier 3 hingga perkara ini memperoleh putusan yang berkekuatan hukum tetap.

Majelis Hakim juga menyatakan penggugat (baca: PT. Kawasan Berikat Nusantara/KBN) adalah penguasa wilayah Pier 1, Pier 2 dan Pier 3 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1992, dan berwenang atas wilayah-wilayah Kawasan berikat diantaranya kawasan pelabuhan Pier 1, Pier 2 dan Pier 3 sepanjang kurang lebih 1.700 meter mulai dari Cakung Draine sampai Sungai Kali Blencong, terdiri dari: Sebelah utara adalah Laut Jawa dan Kawasan Industri, sebelah selatan adalah Sungai Tiram dan Satuan Air, sebelah Barat adalah Cakung Draine, sebelah timur adalah Sungai Blencong, Kawasan Industri dan gudang amunisi TNI Angkatan Laut.  Majelis Hakim PN Jakarta Utara juga menyatakan bahwa setiap hasil usaha revitalisasi dan reklamasi di wilayah usaha penggugat adalah merupakan hak penggugat.

Majelis Hakim secara tegas juga memerintahkan Tergugat I dan Tergugat II untuk tidak melakukan pembangunan dan pemanfaatan maupun kegiatan dan aktivitas apapun di wilayah usaha penggugat yang meliputi bibir pantai sepanjang kurang lebih 1.700 meter mulai dari muara Cakung Draine sampai dengan sungai Blencong, Pier 1, Pier 2 dan Pier 3 hingga perkara ini memperoleh keputusan yang berkekuatan hukum tetap. (*)       

Berita Lainnya